Rabu, 28 Maret 2012

Cara Menghindari TomCat


Pakar serangga dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Aunu Rauf mengatakan, cukup mudah untuk terhindar dari gangguan Tomcat. "Yakni dengan mengurangi penerangan dan menutup rapat jendela serta pintu rumah," ujarnya di Bogor, Selasa (21/3/2012).

"Karena kumbang ini tertarik cahaya lampu, mematikan lampu atau meredupkan lampu akan mengurangi berdatangannya kumbang ini ke rumah kita," kata Aunu.

Berikut adalah cara menghindari serangan tomcat:

1. Menutup pintu dan jendela dengan rapat-rapat agar kumbang tomcat tidak masuk ke rumah.

2. Hindari duduk atau ngobrol di bawah lampu yang di atasnya banyak didatangi kumbang tomcat.

3. Jika ada kumbang tomcat menempel pada tubuh atau pada pakaian yang sedang dipakai, jangan sekali-kali memegangnya atau membunuhnya. "Usir kumbang tadi secara hati-hati dengan cara meniupnya atau mengusirnya dengan potongan kertas," kata Auni.

4. Apabila kumbang ini secara tidak sengaja terpijit dan cairannya menempel pada kulit, segera bilas dengan air sabun beberapa kali. Begitu pula bila cairan kumbang ini menempel pada baju atau seprei, agar segera dicuci.

Menurut Aunu, umumnya gejala muncul 24 jam setelah kulit terkena cairan tubuh kumbang. Bila gejalanya parah segera pergi ke dokter untuk berobat. (HP, Ant)

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes